Cara-Termudah-dan-Aman-Untuk-Mengatasi-Skin-Purging

Cara Termudah dan Aman Untuk Mengatasi Skin Purging

Berita Terbaru – Ketika mencoba skincare baru, umumnya kita akan dikejutkan dengan perubahan kondisi kulit yang tiba-tiba, seperti munculnya jerawat di kulit wajah. Munculnya jerawat tidak berarti karena tidak cocok untuk menggunakan produk perawatan kulit baru. Bisa jadi karena kulit mengalami purging, akibat kandungan dalam skincare yang mampu mempercepat proses regenerasi kulit dengan menghilangkan jerawat pada permukaan kulit.

Yang dimaksud purging adalah reaksi kulit terhadap bahan aktif, karena mencoba produk perawatan kulit baru. Zat kimia ini akan membersihkan kulit dari kotoran di lapisan kulit, dan menimbulkan jerawat baru. Selain itu, pembersihan kulit disebabkan oleh adaptasi kulit terhadap bahan kimia, yang mempercepat proses regenerasi kulit atau mempercepat pergantian sel.

Membersihkan kulit berbeda dengan breakout. Kulit yang berjerawat adalah kulit yang meradang akibat iritasi bahan aktif saat mencoba perawatan kulit baru. Tak perlu panik jika mengalami skin purging. Meski jenis purging acne ini tidak meradang dan akan sembuh dengan sendirinya, namun harus dirawat agar tidak menjadi meradang. Karena kondisi ini bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini.

1. Tetap Menggunakan Perawatan Kulit

Saat mengalami skin purging sebaiknya tetap menggunakan skincare tersebut. Karena seiring berjalannya waktu kondisi kulit akan terlihat lebih baik dan sembuh dari jerawat. Kulit juga memerlukan waktu untuk menyesuaikan pada suatu produk.

2. Gunakan Secara Bertahap

Karena kulit wajah bereaksi terhadap bahan aktif dalam perawatan kulit baru, lebih baik gunakan perawatan kulit secara bertahap. Misalnya digunakan 2 kali pada malam hari selama minggu pertama, kemudian pada minggu ke 2 gunakan 4 kali pada malam hari, dan seterusnya sampai kulit menyesuaikan dengan produk.

3. Gunakan Moisturizer dan Tabir Surya

Agar lapisan kulit tetap terlindungi saat purging, gunakan pelembab wajah yang berfungsi melembabkan, yang mengandung hyaluronic acid, centella asiatica atau emollent. Jangan lupa gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 PA ++.

4. Hindari Riasan Tebal

Untuk sementara, hindari penggunaan riasan yang terlalu tebal. Karena riasan dapat memperburuk jerawat, bahkan menyebabkan jerawat menjadi meradang dan sulit sembuh. Pastikan juga ketika membersihkan riasan harus dilakukan secara tepat dan bersih menyeluruh. Karena sisa riasan yang tidak bersih bisa menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab jerawat.

5. Jangan dipencet

Hindari kebiasaan memencet jerawat, karena bisa mengiritasi jerawat dan menginfeksi jerawat. Bekas luka akibat memencet jerawat juga akan sulit dihilangkan. Jika merasa terganggun dengan jerawat anda bisa melakukan pengompresan dengan air hangat di bagian jerawat. Dengan begitu jerawat akan lebih cepat pecah sendiri. Atau bisa juga dengan menggunakan serum khusus jerawat, namun kenali juga jenis jerawatnya.

Kenali Skin Purging and Breakout

Biasanya kulit akan mengalami purging jika menggunakan skincare yang mengandung AHA, BHA, vitamin C atau retinol. Setelah menggunakan produk tersebut, akan muncul jerawat di area kulit yang sering muncul jerawat. Karena di area kulit banyak terdapat komedo kecil yang bereaksi terhadap bahan aktif dan menimbulkan jerawat yang tidak meradang atau non inflamasi. Jika jerawat meradang di area kulit lainnya, itu dikenal sebagai breakout. Saat Anda mengalami skin purging, kulit Anda akan kembali normal selama 30 hari hingga 6 minggu. Namun jika jerawat Anda tidak kunjung sembuh, maka kulit Anda sedang mengalami breakout.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *